Gazebo Ramah Tamah

Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI


                             Anggota Kelompok
                  1. Elishabet Chyntia S …………..12-IPS2/11
                  2  fidela Valensia ……………..….12-IPS2/16
                3. katherine …………………..…. 12-IPS2/29
                   4.Leonardo Syatriadi …………… 12-IPS2/31


SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
---------------------------------------------------------------------------------

KATA PENGANTAR


        Puji Tuhan kami haturkan kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Ruslan, S.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowcart    
    program yang dilampirakan.
2. Bapak F.X. Rudy Prasetya,SS.,M.Med.Kom, selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing
    penulisan makalah Ujian Praktik  ini
3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan
    proyek maket Gasebo sebagai tempat bersosialisasi.
Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.



DAFTAR ISI

Halaman sampul………………………………………………………,,i
Kata pengantar......................................................................…………...ii
Daftar isi……………………………………………………………..…iii
A.Latar belakang……………………………………………………….1
B.Rumusan masalah…………………………………………………..  1
C. Tujuan Manfaat……………………………………………………..3
D. Batasan istilah………………………………………………………3
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Gazebo Ramah Tamah……………………………………………...4
B. Mikrokontroller……………………………………………………..4
C. Lampu LED………………………………………………………...
D. Bahasa Pemrograman

BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang

         Sekarang ini dapat kita lihat bahwa jarang ditemui tempat tradisional yang biasanya digunakan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang, hal ini membuat manusia semakin jarang bersosialisasi di lingkungan sekitar. Di masa sekarang yang lebih modern pun, semakin berkembangnya zama kita lebih sering menemui tempat-tempat modern seperti cafe yang juga digunakan sebagai tempat berkumpulnya remaja jaman sekarang. Tetapi dampak negatif dari cafe juga adalah adanya fasilitas wi-fi sehingga orang lebih fokus kepada gadget dan dirinya sendiri dari pada di tempat berkumpul tradisional seperti gazebo yang lebih mementingkan adanya rasa kekeluargaan dan tempat yang sesungguhnya untuk berkumpul.

Gazebo sendiri merupakan sebuah tempat yang sering digunakan sebagai tempat untuk melepas lelah atau hanya untuk sekedar melepas penat selepas kerja atau kuliah. Tidak hanya itu, gazebo juga memiliki kegunaan untuk sekelompok manusia untuk saling berbincang didalamnya atau bahkan menyelesaikan tugas kelompok di sana. Tempat istirahat seperti ini sangat dibutuhkan untuk melengkapi aktifitas kerja. Dan seharusnya gazebo juga nyaman untuk ditempati selain itu juga dapat memenuhi kebutuhan manusia – manusia yang datang ke tempat tersebut. Dan juga memiliki kapasitas atau tempat yang luas dan besar yang sesuai dengan banyaknya pelanggan yang berkunjung ketempat tersebut.
Berdasarkan kenyataan dan harapan di atas penulis mencoba merancang proyek pembuatan Gazebo sebagai tempat berkumpul dengan pemandangan yang terbuka dan indah. Bangunan dan perabotannya dibangun menggunakan bahan-bahan yang sederhana sehingga orang-orang yang berkumpul disana dapat lebih merasakan suasana yang sederhana.


B. Rumusan Masalah
         Rumusan masalah secara umum adalah:
"Bagaimana merancang Gazebo Gasebo sebagai tempat bersosialisasi
, disamping sebagai berkumpul yang nyaman
Rumusan umum di atas diuraikan menjadi beberapa masalah secara khusus:
1. Bagaimana bentuk gazebo berupa maket?
2. Bagaimana merancang perabotan agar terlihat indah dan menarik?
3. Bagaimana sistem pengendalian perabotan rumah tangga dengan sistem komputer?

C. Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan: Membangun bentuk gazebo sederhana dan terlihat indah.
2, Manfaat:Gazebo berupa maket dapat dimanfaatkan sebagai contoh untuk tempat melepas lelah orang-orang

D. Batasan Istilah
Gazebo sendiri merupakan sebuah tempat yang sering digunakan sebagai tempat untuk melepas lelah atau hanya untuk sekedar melepas penat selepas kerja atau kuliah.




BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Gazebo
    Gazebo merupakan sebuah tempat yang sering digunakan sebagai tempat untuk melepas lelah atau hanya untuk sekedar melepas penat selepas kerja dan sebagai tempat berkumpul bagi anak muda pada zaman dahulu kala. Gazebo jiga bisa berfunsi sebagai tempat kumpul untuk mengerjakan pekerjaan kantor, pekerjaan sekolah atau pun hanya untuk sekedar bersantai saja. Gazebo bisa terletah di taman kota, halaman rumah ataupun bisa di tempat makan yang memiliki area pemancingan.

Gazebo adalah bangunan kecil yg dirancang khusus, biasanya dinding-dindingnya terbuka, dibangun di lokasi yg memiliki pemandangan yg indah (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008)

B. Taman

  Taman adalah kebun yang ditanami dengan bunga-bunga dan sebagainya, tempat untuk bersenang-senang (Kamus Besar Bahasa Indonesia,2012)

Taman adalah sebidang tanah terbuka dengan luasan tertentu di dalamnya ditanam pepohonan, perdu, semak dan rerumputan yang dapat dikombinasikan dengan kreasi dari bahan lainnya. (Djamal,2005)

Taman adalah sebidang laha

n berpagar yang digunakan untuk kesenangan dan kegembiraan. (Laurie, 1986)

C. Mikrocontroller
Arduino merupakan platform yang terdiri dari software dan hardware. Hardware Arduino sama dengan mikrocontroller pada umumnya hanya pada arduino ditambahkan penamaan pin agar mudah diingat. Software Arduino merupakan software open source sehingga dapat di download secara gratis..(Sulaiman, 2012)

D. Kerangka Konsep Berpikir






BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK

A. Gazebo Ramah Tamah
                    Taman berGazebo masih berupa maket yaitu model yang terdiri dari taman dan gazebo yang terletak didalam taman.
    Taman masih berupa model maket dimana terdapat banyak tanaman hias, salju, lampu jalan, rerumputan, dan juga tempat duduk.
           Sedangkan gazebo sendiri terletak di tengah taman dimana terbuat dari stik eskrim dimana dari dalam gazebo kita dapat melihat keseluruhan keindahan taman tersebut..
B. Alat dan Bahan
1. Mekanik Proyek
a.stick es krim
    b.Lem
    c.Gunting
    d.Karton
    e.Assesoris penghias taman

2. Elektronika
   a. Mikrokontroller Arduino
   b. Led dan Resistor
   c. Sensor cahaya
   d. Kabel, timah solder



C. Bog Diagram Proyek


D. Cara Kerja Proyek Umum
        Saat malam hari dimana keadaan mulai menjadi gelap, maka sensor cahaya akan menangkap gelpa tersebut dan menyalakan sehingga gazebo menjadi terang



BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK
A. Spesifikasi Maket
Spesifikasi maket rumah masa depan berhelipad dirancang  dengan ukuran kecil:
       Luas area : 30x40 cm
       Luas bangunan: 20x30 cm
       Perbandingan Maket dan Real: 1:10.000
       Panjang bangunan: 30 cm
       Lebar bangunan: 20 cm
       Tinggi bangunan: 40 cm
Spesifikasi Bahan
      Alas Triplek 30x40 cm tebal 4 cm
      Bahan dinding dan Apat: Karton tebal 2mm
      Lem merk G
Spesifikasi Alat Listrik
      Mikontroller Type Atmega328
      Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
      Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
      Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, biru, kuning dan hijau)
      Timah ukuran 40x60
      Sensor cahaya

B. Kinerja Proyek
Kelebihan Proyek
   Kelebihan dari proyek ini adalah dapat mensimulasi gabungan antara 2 masa yaitu modern dan masa lalu dimana gazebo merupakan sebuah masa lalu dan sensor cahaya untuk secara praktis menyala disaat gelap merupakan masa modern. Sensor akan secara otomatis menyala dan mendeteksi gelap sehingga ketika gelap muncul maka dengan otomatis lampu lampu disekitar taman akan dinyalakan.
     Karena bahannya maket dari triplek dan karton akan sangat rawan terhadap air dan angin maka belum tentu program dapat berfungsi dengan baik dalam 3 bulan karena bahannya yang sederhana dan rapuh.




C. Flowcart Program




D. Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino
    Tuliskan program C++ yang diupload ke memori chip Arduino  dan penjelasaan program dibelakang tanda //
 
        int lampu1=2;                               //led1 dipasang dipin2 arduino
        int lampu2=3;                               // led3 dipasang di di pin 3
        int tombol=4;                                // tombol di pasang dipin 4
        int  kipas=5;                                  // kipas di pasang dipin 5
        int  lampudisko=6;                        // lampudisko di pasang dipin 6
        int  x;                                             //  x diseting sebagai  bilangan bulat
void setup () {                                       // seting semua pin arduino di bawah
      pinMode (lampu1,OUTPUT);        // pin 2 di setting sebagai OUTPUT
      pinMode (tombol,INPUT);            // pin 2 di setting sebagai INPUT
      pinMode (lampu3,OUTPUT);        // pin 3 di setting sebagai OUTPUT
      pinMode (lampudisko,OUTPUT);   // pin6 di setting sebagai OUTPUT
       pinMode (kipas,OUTPUT);            // pin 5 di setting sebagai OUTPUT
       ........................
       .........................
        ........................
   
 void loop (){                                       // jalankan semua program di bawah secara berulang-ulang
      x=digitalRead(tombol);                 // baca kondisi tombol, hasilnya dijadikan nilai x     (
      if (x==1) {
      digitalWrite(lampu1,HIGH);        //kirim tegang tinggi 5 volt ke pin2 atau nyalakan lampu1
      digitalWrite(lampu2,HIGH);         //kirim tegangan tinggi 5 volt ke pin3 atau nyalakan lampu2
      digitalWrite(kipas,HIGH);            //kirim tegangan tinggi 5 volt ke pin 5 atau nyalakan kipas
      digitalWrite(lampudisko,HIGH); //kirim tegangan tinggi 5 volt ke pin6 atau nyalakan lampudisko
     }
      else {                                             //selain di atas eksekusi program di bawah
      digitalWrite(lampu2,LOW);         //nyalakan lampu2
      digitalWrite(kipas,LOW);            //nyalakan kipas angin atau ac
      digitalWrite(lampudisko,LOW);  //nyalakan lampudisko
       delay(500);                                  //tahan nyala lampu1 selama setengah detik
      }




int x;
void setup() {
  Serial.begin(9600);
  pinMode(2, OUTPUT); pin 2 dipasang sebagai output
  pinMode(3, OUTPUT); pin 3 dipasang sebagai output
  pinMode(4, OUTPUT); pin 4 dipasang sebagai output
  pinMode(5, OUTPUT); pin 5 dipasang sebagai output
  pinMode(6, OUTPUT); pin 6 dipasang sebagai output
  pinMode(7, OUTPUT); pin 7 dipasang sebagai output
}

// the loop function runs over and over again forever
void lampu() {
  digitalWrite(2, HIGH);   // kirim tegangan 5 volt ke pin 2
  delay(200);              // tunggu sebentar
  digitalWrite(2, LOW);    // kirim tegangan ke pin 2
  delay(200);              // tunggu sebentar

  digitalWrite(3, HIGH);   // kirim tegangan 5 volt ke pin 3
  delay(200);              // tunggu sebentar
  digitalWrite(3, LOW);    // kirim tegangan ke pin 3
  delay(200);              // tunggu sebentar

  digitalWrite(4, HIGH);   // kirim tegangan 5 volt ke pin 4
  delay(200);              // tunggu sebentar
  digitalWrite(4, LOW);    // kirim tegangan ke pin 2
  delay(200);              // tunggu sebentar

  digitalWrite(5, LOW); kirim tegangan ke pin 5
  digitalWrite(6, LOW); kirim tegangan ke pin 6
  digitalWrite(7, HIGH); kirim tegangan 5 volt ke pin 7
  delay(300); tunggu sebentar
 
  digitalWrite(5, LOW); kirim tegangan ke pin 5
  digitalWrite(6, HIGH); kirim tegangan 5 volt ke pin 6
  digitalWrite(7, LOW); kirim tegangan ke pin 7
  delay(300); tunggu sebentar
 
  digitalWrite(5, HIGH); // kirim tegangan 5 volt ke pin 5
  digitalWrite(6, LOW); // kirim tegangan ke pin 6
  digitalWrite(7, LOW); // kirim tegangan ke pin 7
  delay(300); // tunggu sebentar
}
void lampuoff(){ // keadaan saat lampu dimatikan
  digitalWrite(2,LOW); kirim tegangan ke pin 2
  digitalWrite(3,LOW); kirim tegangan ke pin 3
  digitalWrite(4,LOW); kirim tegangan ke pin 4
  digitalWrite(5,LOW); kirim tegangan ke pin 5
  digitalWrite(6,LOW); kirim tegangan ke pin 6
  digitalWrite(7,LOW); kirim tegangan ke pin 7
  delay(100); tunggu sebentar
 
}

void loop(){ diulang secara terus menerus
  x=analogRead(A0);
  Serial.print(" Kecerahan cahaya= ");
  Serial.println(x);
  delay(20); tunggu sebentar
  if(x<=300){ jika kecerahan cahaya kurang dari 300
    lampu(); lampu akan menyala
  }
  else if(x>300){// jika kecerahan cahaya lebih dari 300
    lampuoff(); //lampu akan mati
  }
}





BAB V
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
        Berdasarkan uraian BABI sampai BAB IV dapat diberikan kesimpulan bahwa Gazebo  sebagai tempat bersosialisasi sudah memegang peran cukup baik terutama dibidang lingkngan dan sosialisasi. Terutama mengatasi masalah gadget yang memisahkan orang untuk bersosialisasi kepada sesama. Dimana untuk melakukan penghematan energy pun gazebo ini memiliki sensor yang dapat menghemat listrik dengan menyalakan lampunya didalam posisi gelap sehingga tidak perlu lagi kita menghabiskan biaya listrik untuk taman dengan manual harus menyalakan lampu saat sore atau menjelang tidak adanya matahari Pengembangan lebih lanjut Gazebo sebagai tempat berssialisasi ini akan dirancang memiliki sensor jarak untuk mengenali orang lalu menyalakan lampu secara otomatis jika memiliki pengunjung.
B. Kesan Saran
 Kesan
             Melalui kerja kelompok dengan sesama anggota kelompok, kami dapat membangun pertemanan yang lebih akrab dari sebelumnya sehingga satu sama lain dapat saling mengenal dan mengerti kekurangan dan kelebihan kami masing masing dan dapat menutupi kekurangan itu.
Saran
            Ke depan sistem ujian praktik yang berkolaborasi ini dapat ditingkatkan tidak hanya 3 mata pelajaran tetapi bisa berkolaborasi dengan mata pelajaran lain seperti Bahasa Asing dan bahkan  seni budaya. Sehingga efisiensi waktu dan tenaga siswa dan guru lebih efektif. Penggunaan properti lebih dikembangkan sehingga proyek sejenis lebih berdaya guna tepat sararan.

       DAFTAR PUSTAKA
Andy,Dkk, 2015. Sistem pemrogram Pascal, C++ dan Asembly. Pt. Erlangga Surabaya, Halalaman
                      12 sd 25. Jakarta

Nuh.M. 2000. Komponen Elektronika Aktif Pasif untuk Rangkaian Elektronika Sederhana, PT
                       Gramedia, Halaman 5 sd 12. Surabaya.

Samudra, 2016. Mikrokontroller Atmega823, Materi TIK Kelas 12 SMA Santa Maria Surabaya,

http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-sopan-santun-dan-ramah-tamah/

Komentar